POLITEKNIK TERBAIK DI INDONESIA 2022

POLITEKNIK TERBAIK DI INDONESIA 2022


Apa kabar pendidikan vokasi Indonesia ??

Selama ini pendidikan vokasi dinilai kurang mendapat perhatian dari pemerintah dan masyarakat Indonesia. Mahasiswa lulusan pendidikan vokasi kerap kali dipandang sebelah mata. Baik dalam hal bersosialisasi maupun kompetensi yang tidak memenuhi kebutuhan pasar. Namun saat ini perlahan pemerintah mulai melakukan perbaikan mutu lulusan pendidikan vokasi. Dengan adanya peran serta pemerintah, pendidikan vokasi perlahan memiliki ‘gaung’ nya kembali. Pendidikan vokasi diharapkan memiliki lulusan yang berkompeten dalam pembuatan suatu produk atau sebuah karya riset terapan. Selain itu lulusan pendidikan vokasi juga harus mampu bersaing di dunia industri dan memenuhi kebutuhan pasar.

Saat ini di Indonesia sudah banyak institusi pendidikan yang bergerak di bidang keahlian terapan, salah satunya adalah Politeknik. Politeknik adalah penamaan yang digunakan dalam berbagai institusi pendidikan yang memberikan berbagai jenis gelar dan sering beroperasi pada tingkat yang berbeda-beda dalam sistem pendidikan (“Politeknik”. Wikipedia. 8 Agustus 2021). Berdasarkan data Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristek Dikti) tahun 2019, jumlah unit Politeknik di Indonesia sebanyak 295.

Kriteria Politeknik Berkualitas

Dengan banyaknya jumlah ketersediaan Politeknik di Indonesia, para calon mahasiswa akan diihadapkan pada banyak pilihan. Para calon mahasiswa diharapkan mampu memilah dan memilih Politeknik yang memiliki kualitas yang baik. Kualitas Politeknik yang dipilih akan berpengaruh pada kelangsungan masa depan calon mahasiswa. Berikut beberapa indikator yang dapat digunakan sebagai penilaian kualitas Politeknik:
1. Lulusan memiliki karakter kuat dan mampu bersaing di dunia Industri.

2. Adanya link and match (kesesuaian) kompetensi lulusan dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

3. Bidang kerja lulusan selaras dengan materi perkuliahan yang didapat.

Salah satu Politeknik di Indonesia yang memiliki ketiga kriteria tersebut adalah Politeknik ATMI Surakarta. Untuk menjamin agar lulusannya memiliki karakter dan kompetensi dibidang manufaktur yang sesuai dengan kebutuhan IDUKA, pembelajaran yang diberikan mencakup Hardskill dan Softskil serta Politeknik ATMI Surakarta melakukan analisa kesesuaian lulusan setiap tahunnya. Berdasarkan hasil analisa tersebut, lulusan Politeknik ATMI Surakarta telah diakui memiliki karakter yang unggul dan kompetensi yang memadai di industri khususnya dalam bidang manufaktur.

Politeknik ATMI Surakarta

Politeknik ATMI Surakarta adalah institusi pendidikan vokasi yang berdiri pertama kali pada tahun 1968 dengan nama ATMI (Akademi Tehnik Mesin Industri). Dimana Politeknik ATMI Surakarta mengadopsi sistem pendidikan vokasi Jerman dan Swiss yang menggunakan sistem  PBET (Production Based Education and Training) yang nantinya menghasilkan Lulusan yang berkompeten dan berkarakter siap terjun di Dunia Industri, terbukti dengan terserapnya lulusan Politeknik ATMI Surakarta di perusahaan Indonesia, baik Perusahaan Nasional, Perusahaan Multinasional dan Perusahaan Internasional.  

Seiring berjalannya waktu dan demi memenuhi kebutuhan dunia industri, Politeknik ATMI Surakarta sampai  saat  ini  telamemiliki 6  program studi, antara lain :

1.    Teknik Mesin Industri – TMI (D3)

2.    Teknik Mekaronika – TMK (D3)

3.    Teknik Perancangan Mekanik dan Mesin – TPM (D3)

4.    Rekayasa Teknik Manufaktur – RTM (S. Tr)

5.    Perancangan Manufaktur – PM (S. Tr)

6.    Teknik Rekayasa Mekatronika – TRMK (S. Tr)

https://atmi.ac.id/

Dengan penerapan proses pembelajaran 33% teori dan 67% praktek, serta penggunaan satu alat praktek untuk satu mahasiswa, akan menciptakan “Aku bisa apa, bukan aku sudah belajar apa” , terbukti dengan banyaknya lulusan Politeknik ATMI Surakarta yang terserap dan diakui di Dunia Industri selama lebih dari 50 tahun, dibuktikan dengan kunjungan Wakil Presiden saat itu Bapak Jusuf Kalla bersama MENPERIN, MENRISTEK dan MENAKER ke Politeknik ATMI Surakarta pada 07 November 2017.

*link IG : https://instagram.com/politeknikatmi

*link Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCVBh0qofma8OsXF-kb7TKGw


Kampus Politeknik ATMI Surakarta




Praktek Mahasiswa






Kunjungan Wakil Presiden  Bpk. Jusuf Kalla beserta beberapa Menteri





Beberapa Partner Kerjasama


Untuk informasi lebih detil, silahkan klik web Politeknik ATMI Surakarta

1 comment: